Terakreditasi BAIK, Prodi Sarjana Administrasi Kesehatan STIKES Fatima Parepare Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Kabar gembira bagi masyarakat di wilayah Ajattapareng dan Indonesia umumnya, setelah sukses dengan perubahan bentuk dari Akademi Keperawatan Fatima Parepare menjadi Sekolah Tinggi, kini kampus yang terkenal inklusif dan menjadi miniatur toleransi kebhinekaan, program studi baru, Program Studi Sarjana (S1) Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Fatima Parepare berhasil meraih status Akreditasi BAIK dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Informasi Akreditasi tersebut diterima langsung di kampus STIKES Fatima Parepare bersamaan dengan informasi Terakreditasinya Program Studi D-3 Keperawatan peringkat B.

Keputusan Akreditasi BAIK Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan dikeluarkan LAM-PTKes melalui Surat Keputusan (SK) tentang Akreditasi Nomor 0197/LAM-PTKes/Akr.PB/Sar/X/2023 Kategori: NON PTN-BH dengan masa berlaku Akreditasi hingga tanggal 5 Juni 2025.

Dengan peringkat Akreditasi BAIK tersebut, mempertegas kualitas dan mutu Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Fatima Parepare. Sebab itu, kabar ini sekaligus menjadi kabar gembira bagi seluruh masyarakat yang merindukan anaknya untuk sekolah di kampus yang memiliki visi ““Menjadi Perguruan Tinggi dengan Tata Kelola Terbaik (Good Governance), Berintegritas, Inovatif, Unggul, Dan Kompetitif berdasarkan Spiritualitas Kasih yang Berwawasan Etika, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tahun 2035.”

Bahkan saat ini, Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan telah membuka Program Penerimaan Mahasiswa Baru sampai dengan September 2024 mendatang. Masyarakat sudah bisa mendaftarkan anak-anaknya untuk menempuh pendidikan Sarjana Administrasi Kesehatan.

Ketua STIKES Fatima Parepare, Dr. Ns. Henrick Sampeangin, S.Kep.,M.Kes bersama para dosen Prodi Sarjana Administrasi Kesehatan
Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan memiliki keunggulan dalam wawasan Etika dan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi, khususnya di bidang kesehatan. Keunggulan ini sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan dunia kerja yang terus berkembang. Sejumlah peluang yang akan didapatkan oleh mahasiswa Sarjana Administrasi Kesehatan dalam dunia kerja meliputi Healthcare administrator/ Pelaksana administrasi kesehatan profesional, Health Care Manager / pelayanan kesehatan (perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pengendalian), Analis Data Kesehatan (Researcher), Evaluator Program Kesehatan (Evaluator), Health Communicator (Administrator Kesehatan Profesional dengan keahlian komunikasi publik yang dapat menjawab berbagai kebutuhan situasi dan kondisi berbasis etika dan teknologi informasi, sebagai penyuluh di bidang administrasi kesehatan), Public Relation /Humas (Administrator kesehatan yang memiliki kemampuan marketing yang kuat dan mampu membangun jejaring kerja sama secara luas dan profesional dengan berbagai institusi, berbasiskan etika dan keterampilan mengelola teknologi informasi).

Selain itu, ada juga ketrampilan tambahan dalam manajemen organisasi dan kepemimpinan. Lulusan Sarjana Administrasi Kesehatan tidak hanya cerdas dalam intelektual tetapi terutama memiliki soft skill yang unggul dalam pola perilaku atau kepribadian.

Saat ini, angkatan pertama Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan berjumlah 10 mahasiswa di tahun pertama ini. Ke depan diprediksi akan terus bertambah, karena ada peningkatan mutu dan kualitas tata kelola institusi, termasuk pengembangan sarana pendidikan.

Penampilan kelompok seni Mahasiswa STIKES Fatima Parepare

Momen serah terima SK alih bentuk dari Akademi menjadi STIKES Fatima Parepare yang diserahkan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah 9 Sultanbatara kepada Ketua Yayasan Sentosa Ibu Dr. Antonius Sudirman, SH.,M.Hum.
“Kita bersyukur sekali, bahwa apa yang ditunggu selama ini, yakni Akreditasi Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan, akhirnya dicapai dengan baik. Akreditasi ini menandakan bahwa STIKES Fatima Parepare sangat serius dalam mendorong peningkatan kualitas institusi dan program studi. Ini juga dapat menjadi kebanggaan masyarakat tentunya, karena institusi ini hadir untuk melayani masyarakat, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui generasi-generasi yang dididik di tempat ini,” ujar Andriyana Abdullah, S.K.M.,M.ARS., Ketua Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan.

Lebih lanjut, Andriyana Abdullah membeberkan bahwa selain memiliki tata kelola yang baik, Program Studi Administrasi Kesehatan juga diisi oleh sejumlah dosen terbaik lulusan dari Magister Administrasi Kesehatan dan Administrasi Rumah Sakit yang reputasi dan kecerdasannya tidak dapat diragukan lagi.

“Kami ingin membangun budaya mutu, sehingga semua fasilitas, terutama SDM tenaga Dosen pun kami terapkan standar sesuai dengan standar dosen nasional. Semoga informasi ini bisa tersebar luas, sehingga masyarakat tidak keliru memilih perguruan tinggi yang berkualitas sekelas STIKES Fatima Parepare. Kampus ini sangat membanggakan, karena didukung oleh 2 unit rumah sakit Terakreditasi, milik Yayasan Sentosa Ibu; diantaranya Rumah Sakit Fatima Parepare yang terakreditasi Paripurna dan rumah Sakit Santa Teresa Marampa di Toraja yang terakreditasi Madya,” ungkap Andriyana Abdullah.

Gedung Kampus STIKES Fatima Parepare
Sementara itu, Dr. Ns. Henrick Sampeangin, S.Kep.,M.Kes., selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Fatima Parepare mengajak masyarakat untuk dapat segera mendaftarkan anaknya ke institusi ini. “Sekarang sudah terbuka pendaftaran, minimal para orangtua sudah memasukan daftar nama anaknya untuk kuliah di sini. Ada 2 program studi unggulan, yakni Program Studi D-3 Keperawatan dan Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan. Kedua prodi tersebut sudah terakreditasi dan siap bersaing,” tegas Dr. Henrick Sampeangin.

Perkembangan institusi STIKES Fatima Parepare tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, terutama dari pihak Keuskupan Agung Makassar sebagai otoritas tertinggi yang membawahi Yayasan Sentosa Ibu, dukungan yang maksimal dari pengurus Yayasan, serta dukungan alumni, masyarakat dan semua stakeholder. Kampus ini hadir untuk menjawabi semua kebutuhan masyarakat akan hadirnya tenaga kesehatan yang berkualitas dan memiliki karakter. STIKES Fatima Parepare pilihan terbaik untuk masa depan generasi yang cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *